Sep 182012
 

Agenda tahunan Azhari Islamic School berupa Ifthor Jama’i Alhamdulillah telah terlaksana pada 11 Agustus 2012. Dengan memanfaatkan lahan sekolah, suasananya jadi terasa berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Namun ada hal yang tetap sama setiap tahun, yaitu kekhusyu’an sekaligus rasa kekeluargaan di antara warga Azhari yang sama sekali tidak berkurang.

Acara dibuka pukul 16 dengan penampilan tasmi’ Al Qur’an oleh siswa SMP. Lalu dilanjutkan dengan drama yang melukiskan tentang perjuangan para ilmuwan muslim dalam mengumpulkan dan menganalisa berbagai hikmah dari alam semesta yang kemudian dirangkum dalam bentuk ilmu, lalu mereka wariskan hingga sampai ke generasi ananda saat ini. Hal yang menakjubkan adalah, para ilmuwan generasi awal itu semuanya dari kalangan ulama dan penghafal Al Qur’an. Dari sini kita dapat melihat kaitan antara Al Qur’an dengan tingkat kecerdasan manusia.

Selanjutnya acara dibuka dengan basmalah dan sholawat oleh Ustadz Irawan sebagai MC. Kemudian Ustadz Dedi Martoni mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada keluarga besar Azhari yang telah berkenan hadir untuk mempererat silaturahmi. Beliau mengingatkan bahwa generasi terbaik yang pernah menorehkan prestasi gemilang dalam sejarah Islam adalah mereka yang tertarbiyah dengan Al Qur’an. Misalnya Muhammad Al-Fatih sang penakluk Konstantinopel, beliau adalah penghafal Al Qur’an. Keberadaan Azhari Islamic School saat ini adalah salah satu upaya kita untuk mencetak generasi dengan pemikiran Islami yang baik. Beliau juga mohon doa restu agar perijinan dan pembangunan gedung Azhari berjalan lancar.

Selanjutnya taujih Ramadhan dari Ustadz Suryana. Beliau adalah pendiri Yayasan Citra Insan Azhari. Beliau menjelaskan bagaimana Al Qur’an telah menjadi ruh dan inspirasi kemajuan manusia dalam berbagai bidang. Siapapun yang mengadopsi ruh Al Qur’an dalam jiwanya, niscaya akan memperoleh bimbingan langsung dari اَللّهُ untuk meraih berbagai kemenangan dan keberhasilan di dunia maupun akhirat. Sejarah telah membuktikan bahwa berbagai kemenangan dan penaklukan dalam sejarah Islam (penaklukan Kekaisaran Persia, Romawi, Konstantinopel, Perang Badar, Perang Tabuk, Fathu Mekkah) semuanya diraih pada bulan Ramadhan. Ini bukan suatu kebetulan, melainkan justru merupakan pembuktian bahwa hanya orang-orang yang mendapat petunjuklah yang akan memperoleh kemenangan. Bulan Ramadhan adalah bulan jihad untuk mencapai kemenangan jika kita melakukan kebaikan-kebaikan sebagaimana yang dilakukan oleh ummat terdahulu. Karena itu beliau mengajak kita semua untuk menjadikan Al Qur’an sebagai nafas kita semua agar menjadi manusia berprestasi yang mendapat bimbingan langsung dari اَللّهُ .

Selama taujih berlangsung, siswa diarahkan masuk kelas untuk bertukar hadiah sebagai sarana menumbuhkan kasih sayang kepada teman-temannya.

Setelah adzan magrib berkumandang, hadirin berbuka puasa dan sholat magrib berjama’ah yang dilanjutkan acara menikmati hidangan yang tersedia dalam suasana kekeluargaan.

Sebelum acara ditutup, perwakilan Komite Sekolah menyampaikan laporan pertanggungjawaban dana yang diperoleh dari kegiatan Bakti Sosial Ramadhan, sekaligus penyerahan dana bantuan itu kepada perwakilan dari Panti Asuhan Al Mubarokah Pondok Cabe, dan Dompet Ukhuwwah. Selain itu sebagian dana juga diperuntukkan bagi muslim Rohingya dan pembangunan mesjid Azhari.

Jazakumullah khairan katsiraa kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga اَللّهُ berikan balasan terbaik untuk kita semua. Amiin Yaa Rabb.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)