Mar 082011
 

“Menabung dari kecil untuk sebuah bisnis impian”, pesan inilah yang ingin disampaikan kepada siswa Azhari melalui sharing session pada 4 Maret 2011. Penyuluhan yang dibawakan oleh Ibu Deva (Bunda Diandra dari Play Group) ini bertempat di hall sekolah selama kurang lebih 30 menit. Acara dibuka oleh Ustadz Havied dan sempat disaksikan oleh Syeikh Abdul Hamid.

Memancing perhatian siswa dengan menyanyikan lagu anak-anak “Menabung” yang pernah sangat populer di masa lalu, Ibu Deva melemparkan pertanyaan tentang apa tujuan menabung. Semua siswa mengangkat tangan untuk menjawab, “Supaya kaya…supaya bisa membantu orang miskin…supaya bisa beli mobil Ferarri…”. Ya, tujuannya boleh untuk apa saja, asalkan baik. Selanjutnya Ibu Deva menjelaskan bahwa menabung punya tujuan jangka panjang maupun jangka pendek. Jangka pendek misalnya untuk membeli mainan, sedangkan jangka panjang misalnya untuk naik haji atau untuk membuka usaha atau investasi.

Selanjutnya beliau menjelaskan tentang cara-cara menabung, misalnya menabung di celengan, di bank atau di Koperasi Syari’ah yang rencananya akan diadakan di Azhari. Sumber uangnya bisa diperoleh dari hadiah atas prestasi yang diraih, THR Lebaran, pemberian orang tua, dan lain-lain. Ada juga siswa yang menjawab bahwa uangnya bersumber dari Allah. Dari manapun sumbernya, yang jelas uang itu harus halal, jelas Ibu Deva.

Selanjutnya, Ibu Deva menekankan tentang pentingnya orang tua memberi teladan kepada anak-anaknya untuk rajin menabung, dan mengingatkan untuk mengeluarkan zakatnya bila telah mencapai batas nishab.

Sebagai penutup, beliau menyimpulkan manfaat menabung, yaitu untuk belajar berhemat (tapi bukan berarti kikir), belajar mengatur keuangan sendiri, belajar investasi, mengasah kemampuan berwira usaha dan belajar berbagi.

Di akhir sesi, para siswa diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan tentang pentingnya menabung. Hampir semua siswa mengangkat tangan. Ternyata kali ini Zaki (grade 4) yang beruntung mendapat hadiah celengan karena bisa menjawab dengan cepat dan benar. Selamat ya Zaki…

free hd porn
 Posted by at 6:35 am

Sorry, the comment form is closed at this time.