May 102011
 

Sebuah perhelatan akbar tahunan Azhari Islamic School – Lebak Bulus yaitu Tahfizh Competition se-Jabodetabek, Alhamdulillah, telah berhasil terselenggara dengan lancar pada 30 April 2011. T-Comp eksternal yang ke-5 ini merupakan rangkaian penutup dari T-Comp internal yang telah terselenggara pada 15 April 2011, dan pesertanya terbuka untuk SD maupun TK se-Jabodetabek. Jika melalui T-Comp Internal yang khusus diadakan untuk siswa SD AIS-LB ini telah tersaring 6 orang siswa terbaik dari tiap kelas dan kelas gabungan, maka  pada ajang ini dipilih pemenang untuk kategori TK Umum dan SD Umum.

Sesuai jadwal, acara T-Comp yang dipandu oleh duet MC Ms Yanti dan Ustadz Dede ini dibuka tepat pukul 08.00. Tema T-Comp tahun ini adalah “Mengoptimalkan Seni Berinteraksi Dengan Al-Qur’an Sebagai Landasan Mendidik Anak Sejak Dini”. Awalnya didasari oleh pemikiran bahwa ilmuwan-ilmuwan muslim yang berhasil menciptakan landasan keilmuan yang diadopsi di seluruh dunia hingga kini, mereka semua adalah penghafal Al-Qur’an sejak kecil. Dari sini dapat dilihat adanya korelasi antara menghafal Al-Qur’an dan kecerdasan serta penguasaan ilmu.

Acara ini dibuka dengan ucapan basmalah yang dilanjutkan dengan tasmi’ Surat Asy-Syu’araa oleh Waiz (grade 5) dan saritilawah oleh Marsha (grade 3 B). Seluruh hadirin terbawa suasana khusyu’ dan syahdu oleh alunan suara Waiz dengan performa hafalannya yang sangat baik.

Acara dilanjutkan dengan penampilan 16 siswa Grade 5 yang menyanyikan “Mars Azhari”

Pukul 08.30 peserta lomba diarahkan untuk memasuki kelas di mana lomba akan diadakan. Bersamaan dengan itu, acara di panggung terus berlangsung. Dalam sambutannya selaku ketua panitia, Ustadz Havied mengajak kita merenungi sebuah pertanyaan: di atas fondasi apakah anak-anak kita dididik? Karena hadits mengatakan bahwa sepeninggal Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam akan terjadi banyak fitnah, dan solusi satu-satunya untuk menghadapinya adalah dengan berpegang erat pada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Atas dasar prinsip inilah, maka Azhari Islamic School – Lebak Bulus berupaya untuk selalu menghidupkan semangat menghafal Al-Qur’an melalui T-Comp sebagai agenda rutinnya. Ustadz Havied mengakhiri sambutannya dengan mengajak hadirin mengucap basmalah dan bertakbir.

Melalui dialog-dialog yang segar dan menarik, Ms Yanti dan Ustadz Dede mengajak hadirin untuk mengenal lebih jauh tentang kegiatan-kegiatan yang ada di SD maupun SMP AIS-LB, yang kemudian disusul dengan penampilan Nasyid diseling puisi yang dibawakan oleh 10 orang siswa Grade 3. Menurut informasi yang disampaikan oleh MC, mulai tahun ini kelas 1 akan dibuka menjadi 3 kelas. Bertambahnya kepercayaan orang tua untuk menitipkan putra-putrinya untuk dididik di AIS sungguh merupakan hal yang patut disyukuri dan tentunya menuntut kerja keras seluruh staf AIS dan support dari seluruh keluarga besar AIS.

Sementara acara seleksi lomba tahfizh diadakan di dalam kelas, penampilan siswa di panggung berjalan terus. Di samping panggungpun digelar bazaar yang cukup meriah, menjual makanan, minuman, baju, mainan, alat tulis, CD, hasil-hasil kerajinan tangan kreasi siswa hingga beberapa stand yang dikhususkan untuk sponsor.

Acara dilanjutkan dengan tasmi’ Al Qur’an Surah Nuh yang dibawakan oleh 5 orang siswa kelas 2. Selanjutnya Syekh Abdul Hamid memberikan sambutan dalam Bahasa Arab yang diterjemahkan oleh Ustadz Havied. Siapakah Syekh Abdul Hamid? Beliau adalah native speaker Arabic yang berasal dari Mesir. Sebagai native speaker, beliau mengajar Arabic dan bertugas memastikan Bahasa Arab yang digunakan di Azhari sesuai dengan standar yang semestinya. Dalam sambutannya, beliau berpesan bahwa Al-Qur’an adalah didikan yang Allah Subhanahu Wa Ta’ala titipkan di muka bumi untuk menjadi cahaya yang menerangi jalan hidup umat manusia. Dengan adanya Al-Qur’an, maka akan terjaga pulalah

Bahasa Arab hingga akhir zaman. Beliau juga mengingatkan bahwa di dalam Al-Qur’an terdapat Surah Al-Mulk yang menjadi media penyelamat. Andai dalam hati tiap manusia ada Al-Mulk, maka akan selamatlah ia dalam kuburnya. Di akhir sambutannya, beliau berharap semoga Al-Qur’an memberikan keberkahan kepada generasi penerus muslim.

Kemudian secara berturut-turut, penampilan tasmi’ Al-Qur’an Surah Ar-Rahmaan oleh 12 orang siswa Grade 3, Surah Yaasiin oleh 5 orang siswa Grade 4, Surah An-Najm oleh 6 orang siswa Grade 5 dan 6, serta Surah Al-Mu’minuun oleh 5 orang siswa Grade 5. Sedangkan dari tingkat SMP, Vito menampilkan pidato dalam Bahasa Inggris. Acara juga diselingi oleh beberapa kuiz yang pertanyaannya semuanya seputar pengetahuan mengenai Al-Qur’an dan T-Comp.

Setelah itu MC mengumumkan nama-nama pemenang dari tingkat SD sebanyak 6 siswa dan tingkat TK juga 6 siswa. Mereka berhak masuk final dan langsung dilombakan saat itu juga.

Sementara final berlangsung di dalam kelas, di panggung Ibu Utari selaku ketua Komite AIS-LB periode 2010-2012 memberikan informasi mengenai kegiatan komite yang dilengkapi dengan pemutaran slide-nya.

Setelah itu seluruh siswa Grade 6 berkumpul di atas panggung untuk berfoto bersama. Mereka berfoto dilatarbelakangi backdrop T-Comp untuk terakhir kali sebelum kelulusan mereka. Ada rasa haru ketika menatap wajah-wajah mereka yang sebentar lagi akan pergi meninggalkan SD AIS. Inilah profil wajah-wajah ceria generasi penerus muslim yang akan mewarisi dan menyebarkan nilai-nilai Al-Qur’an di muka bumi. Sesi pemotretan ini dibarengi pidato sambutan Ketua Yayasan Cakrawala Insan Qur’ani yang membawahi AIS-LB, yaitu Ustadz Dedy Martoni S.Pd, M. Si. Ustadz Dedy mengajak para hadirin berdoa bersama bagi kelulusan siswa Grade 6 yang akan menghadapi UASBN pada 10, 11 dan 12 Mei. Kemudian beliau juga menginformasikan bahwa sejak tahun ini,  AIS-LB sudah berhak untuk menyelenggarakan ujian nasional di gedung sendiri, sehingga para siswa Grade 6 tidak lagi harus ‘numpang’ ujian di Gedung milik SDN 02 Lebak Bulus sebagaimana tahun-tahun yang lalu. Alhamdulillah…semoga ini bisa menjadi support mental bagi para siswa agar mampu berpikir lebih tenang dan jernih dalam menjawab soal-soal ujian sehingga bisa memompa prestasi mereka. Kabar gembira lainnya berkenaan dengan masalah gedung adalah kita telah memperoleh izin untuk mendirikan bangunan di tanah seluas 1.800 m yang terletak di sebelah lapangan bermain SD Azhari…

Seiring dengan bergesernya waktu, kini tibalah di acara puncak yaitu pengumuman pemenang dan pemberian piala serta hadiah. Mula-mula diumumkan juara T-Comp Internal yang kesemuanya adalah siswa Azhari, kemudian disusul pengumuman juara T-Comp External yang kesemuanya berasal dari luar Azhari.

Alhamdulillah, T-Comp External berhasil terselenggara sesuai rencana, dan ditutup pada pukul 12.00 dengan ucapan hamdalah. Jazaakumullah khairan katsiroo kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan acara ini, termasuk para sponsor yang sangat besar dukungannya bagi terselenggaranya T-Comp tahun ini, yaitu SRU, Indosat IM3, Antam, Multisaka, Soto Kudus Kauman, Thaya Collection, Majalah Ummi, Computertots, Forum Lingkar Pena, Safari Donut, Telkom dan Bank Syari’ah Mandiri. Semoga keberkahan Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa menaungi kita semua. Amin Ya Rabb.

Selamat kepada para siswa yang telah berhasil menjadi juara. Semoga terpilihnya ananda menjadi juara kali ini, menjadi pemicu bagi peningkatan semangat ananda untuk menghafalkan Al-Qur’an di tahap selanjutnya. Untuk ananda yang belum juara, jangan putus asa. Tetaplah semangat menghafalkan Al-Qur’an, karena predikat ‘juara sejati’ layak diberikan kepada siapapun yang berusaha keras untuk mempelajari dan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an, disebabkan rasa cintanya yang mendalam terhadap Allahu Subhanahu Wa Ta’ala dan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam…Sampai jumpa kembali dalam T-Comp tahun depan. Insyaa Allaah…

 

 

 

 

 

 

 

free porn sites

Sorry, the comment form is closed at this time.